ART DECO – ARTISTS

 

Para Seniman Art Deco

Telah kita ketahui bahwa Art Deco berkembang dengan baik pada tahun-tahun setelah terjadinya perang dunia pertama dan sebelum meletusnya perang dunia kedua. Tetapi dapat dikatakan bahwa Art Deco yang orisinal lahir pada awal tahun-tahun setelah berakhirnya perang dunia pertama, saat para seniman sedang bereksperimen mencari perspektif baru dengan menolak menggunakan ornamen yang identik dengan Art Nouveau, mereka seolah-olah ingin memutuskan diri dengan gaya Art Nouveau.

 

Di samping menggunakan lagi ornamen-ornamen historis, mereka saling bertukar pikiran untuk berbagi inspirasi. Untuk menggabungkan kesemuanya itu, mereka menggunakan pendekatan eklektik. Para seniman dari berbagai media dengan cepat mengadopsi gaya yang spektakuler ini.

 

Poster, perhiasan, mebel, keramik, patung, lukisan, pekerjaan dari metal bahkan pakaian ikut memeriahkan seni modern yang sedang populer pada saat itu.

 

Beberapa desainer sangat identik dengan Art Deco, misalnya Jaques-Emile Ruhlmann yang dikenal sebagai master Art Deco melalui karya mebelnya yang hampir selalu memakai material mahal.

 

ruhlmann_01

Portrait seorang Jacques-Emile Ruhlmann. seniman mebel Art Deco.

 

jacquesemileruhlmanndressingta1

Sebuah contoh desain mebel, meja rias karya Ruhlmann.

 

71_cal_04

Poster karya Ruhlmann. Selain ahli mebel, ia juga seorang pelukis.

 

Desainer mebel lain misalnya Paul Follot, Pierre Chareau, Clement Rousseau, tim desain Süe et Mare (Louis Süe and André Mare), Eileen Gray serta Kem Weber.

 

Rene Lalique dikenal dengan hiasan dari kaca dan desain perhiasannya, Susie Cooper dan Clarice Cliff terkenal dengan keramiknya, Jean Puiforcat dengan perak dan pekerjaan metalnya, Paul Poiret terkenal dengan motif tekstilnya, dan A.M Cassandre dikenal dengan poster-posternya.

 

rene

Rene Lalique

 

rene-lalique-0304

Patung Art Deco karya Lalique, salah satu ikon seni Art Deco.

 

 

 

 

susie-cooper-1

Susie Cooper

 

susiecooper

Keramik hasil kerajinan tangan Susie Cooper.

 

 

 

ERVL0975709

Paul Poiret

 

10123155voluminous-cape-like-evening-coat-by-paul-poiret-posters

Desain jubah malam yang didesain poiret.

 

613_x600_around_mu_review_luxu

Gaun mewah rancangan Poiret.

 


About this entry