Art and Craft Movement

Art and Craft Movement merupakan gerakan dari orang-orang Inggris, Kanada, dan Amerikadi akhir abad ke-19 da awal abad 20. Terinspirasi dari tulisan-tulisan John Ruskin, dan William Morris, pada tahun 1880. Gerakan yang dipelopori William Morris yang prihatin dengan apa yang dihasilkan era revolusi industri, terutama akan produk-produknya yang tidak berkualitas (dalam hal ‘cita rasa seni’). Dan adalah juga suatu gerakan pada akhir masa revolusi industri yang mementingkan komitmen kerja dan keindahan, mengembalikan pada kaidah ‘recover humanity and beauty’. Penganutnya menolak estetika yang dihasilkan oleh produksi secara massal, yang dianggap sebab utama hilangnya keindahan individual.Art and craft movement memberikan kesan kembali ke periode gothic, roccoco, dan renaisans. Salah satu ciri utamanya adalah karya seni dibuat secara individu oleh seniman dengan sentuhan artistik yang khas. Setiap karya digarap dengan serius dan teliti. Karya-karya Morris sendiri banyak dipengaruhi oleh inspirasi Gothic Art, yang dianggap sebagai the culture of the God, berkesan glorious dengan sifat yang authorian (dengan kekuasaan/ authority tertinggi berada di ‘tangan’ Tuhan). Tema-tema gothic sendiri memberikan kesan dignity, religius serta menekankan pada harmoni. Hal ini akan segera tertangkap pada kediaman Morris yang terlihat ‘terinspirasi’ dengan bangunan yang menjulang, pemilihan bahan (batu bata merah) yang sangat harmoni dan selaras dengan rerumputan hijau di halaman yang lapang. Atau penggambarannya atas sosok ideal wanita pada masa tersebut yang lebih bermain pada distorsi (dengan memanjangkan kaki dan membuat sosok yang lebih kurus) yang sangat berlainan dengan sosok wanita ideal dari era renaissance yang lebih mengagungkan sosok yang padat dan berisi. Gerakan ini Berjaya hingga tahun 1910.

Klasifikasi
Secara garis besar, art and craft movement terbagi atas dua aliran besar, yaitu:
1. Rasionalisasi desain oleh kalangan modernis-formalis.

2. Stilasi desain oleh kalangan stylish, yang kemudian melahirkan Art Nouveau

Sejarah Art and Craft Movement

Gaya Victorian adalah sebuah ’tesa’, awal dari pergulatan dialektika sejarah. Selanjutnya gaya tersebut ditentang oleh gerakan gaya visual baru, sebuah gerakan yang dimotori oleh John Ruskin dan William Morris. Arts and Crafts Movement adalah ’antitesa’ dari gaya Victorian, secara filosofis Morris menekankan bahwa craftsmen-artists-designers mempunyai tanggung jawab terhadap kualitas produk yang mereka hasilkan. Diawali pada sebuah pameran kolosal produk–produk hasil manufaktur industri di Crystal Palace, Inggris tahun 1851. Produk-produk yang dipamerkan dianggap kurang estetis dan berselera, karena mengesampingkan peran seniman atau desainer dalam proses produksinya. Hal-hal yang dulu termarjinalkan dalam era Victorian coba untuk direvitalisasi kembali. Termasuk posisi perajin (craftsmen) yang ’terlupakan’ dalam industrialisasi yang cenderung mekanistis. Walaupun secara umum gaya visual yang muncul masih menekankan pada pentingnya ornamen dalam sebuah karya desain, tetapi gerakan ini mencoba mengembalikan ’kualitas kemanusiaan’ yang mereka anggap hilang di era Victorian. Gerakan ini mengalami kebuntuan dalam perkembangannya karena tidak sesuai dengan semangat percepatan zaman (industrialisasi).

Dari kedua gerakan gaya visual tersebut, muncullah sebuah gaya visual yang menjadi ’sintesanya’. Sebuah gerakan bertajuk seni baru atau ’Art Nouveau’ mampu memadukan semangat industrialisasi dengan tidak meninggalkan kualitas kemanusiaannya.

Contoh Seniman

· William Morris

· Owen Jones

· Gustav Stickley

· Aubrey Breadsley

· Arthur Mc. Murdo

· Adolf Loos

· Michael Tonet

Contoh karya

· Cover majalah studio 1888 – tidak dikenal

· Cover majalah “Craftsman” – Gustav Sticley

· Halaman buku “Morte’d Arthur” – Aubrey Breadsley

Sumber:

http://hafizsan.multiply.com/journal/item/25/Multimedia_Virtual_Reality_dan_History_of_Art

http://id.wikipedia.org/wiki/Art_and_craft_movement

http://images.google.com/

http://www.google.com/

Contoh karya William Morris:

William Morris Picture.

William Morris Picture.

Red House

Red House

"Tulip and Willow"

"Tulip and Willow"

"Windrush"

"Windrush"

"Trellis"

"Trellis"

"Trellis"

"Trellis"

Wallpaper design by William Morris:

williammorris-acanthus
williammorris-applewilliammorris-fruitwilliammorris-willow

williammorris-chrysanthemumwilliammorris-goldenlilyminorwilliammorris-larkspur


About this entry