Ciri-ciri dan tokoh-tokoh Art Nouveau

Pada era Art Nouveau karya – karyanya memiliki gaya dekoratif tumbuh – tumbuhan yang meliuk liuk dan tidak kaku. Kurva – kurvanya merupakan kurva melengkung. Selain menggambarkan jenis flora art nouveau juga menggambarkan kecantikan wanita. Tidak hanya itu pada beberapa karyanya juga terdapat gambar hewan.
ukiran dan ulir flora yang terdapat di art nouveau dibuat cenderung berlebihan untuk menekankan emosi yang ada.
Dibidang grafis dan seni rupa pola-pola desainnya mengadopsi bentuk wanita (muda) dan bunga penuh dengan garis-garis lengkung (undulating). Juga binatang binatang seperti capung dan kupu-kupu yang kebetulan sayapnya punya pola gambar yang sesuai dengan semangat gaya Art Nouveau.
Di bidang arsitektur, karya mereka seperti bukan didesain diatas meja gambar, tapi laksana tunas yang muncul sendiri dari permukaan bumi. Beberapa contoh yang amat terkenal didunia adalah Templo Expiatory de la Sagrada Familia ( Gereja Penebusan Dosa Keluarga Suci) di Barcelona (1883- dan sampai sekarang belum selesai)karya Arsitek Spanyol Antonio Gaudi. Kemudian karya arsitek Belgia Victor Horta, satu town house di Rue Americaine, Brussels(1898) yang sekarang dijadikan Museum Horta sejak 1969 .Arsitek Perancis Stephen Sauvestre yang membantu Gustav Eiffel membangun Menara Eiffel juga memberi sedikit sentuhan Art Nouveau pada menara tersebut (dibangun tahun 1887-1889.

51

TOKOH – TOKOH ART NOUVEAU

– Alfonse Mucha (1860-1939)

– Charles Rennie Mackintosh (Inggris)

– Henry Van De Velde (Ausria)

– Antoni Gaudi (seorang Arsitek Spanyol_

– Felix Bracquemond (1833-1914; Perancis)

– Eugene Grasset (1845-1917; Swiss atau Perancis)

– Aubrey Beardsley (1872-1898 )

– József Rippl-Rónai (1861-1927 )

– Valentin Serov (1865-1911)


About this entry